Cara Memulai dan Menemukan Ide Usaha

Cara Memulai dan Menemukan Ide Usaha

Hello para pembaca cerdas yang inspiratif, jumpa lagi dengan postingan Saya kali ini. Saya mohon maaf sebelumnya jika akhir-akhir ini Saya jarang memposting artikel di blog ini. Di karenakan Saya sedang sangat sibuk sekali dalam menjalankan usaha yang sedang Saya jalani ditambah dengan kepadatan jadwal dan tugas kuliah yang sangat padat. Membuat Saya sangat sulit sekali membagi waktu. Terkadang hapir setiap hari Saya selalu tidur larut malam bahkan sampai bergadang. Huhuhu.. jadi curhat gini ya penulis wkwk gak apa-apa lah ya untuk pembukaan. Mungkin lain kali, Saya juga akan menceritakan pengalaman hidup Saya di blog ini kalau ada yang tertarik sih hehe... Ok gak perlu berlama-lama lagi langsung aja sesuai judul di atas. Saya akan membahas bagaimana sih cara mudah memulai dan menemukan ide usaha itu? Check this out!

Mungkin ada banyak sekali pertanyaan dalam diri Anda tentang bagaimana sih memulai dan menemukan ide usaha? Sebenarnya menemukan ide usaha itu sangat mudah dan sederhana, bahkan dapat kita jumpai dalam keseharian kita. Tapi, sudah benar-benar jeli kah kita dalam menemukannya, sesuai bidang dan fasihon yang kita sukai? Tanpa kita sadari sebenarnya banyak sekali ide usaha yang bertebaran di sekitar kita. Contohnya kita bisa menemukannya mulai dari internet yang kita pakai sehari-hari untuk mencari informasi atau hanya sekedar hiburan, di tempat keramaian seperti pasar, atau bahkan tersembunyi di tempat tidur, dapur, kamar mandi, atau bahkan lingkungan di sekitar rumah. Jadi, pada intinya ide usaha itu dapat di temukan di banyak tempat, jika kita kreatif dan jeli melihat segala peluang yang ada.

Perlu Saya katakan lagi bahwa sebenarnya menemukan ide usaha itu sangat sederhana dan tidak perlu di ambil pusing. Misalnya, ketika Anda mampu menemukan  suatu masalah dan Anda mampu memberikan solusi atau memecahkan masalah tersebut. Maka hal itu telah menjadi modal ide usaha yang telah Anda temukan. Artinya ide usaha tidak serumit bayangan yang Anda pikirkan, justru yang memperumit dan menyulitkan Anda dalam menemukan ide usaha itu adalah rasa tidak mau belajar, tidak mau mencoba (Action), takut gagal, dan malas. Mulai dari sekarang buang semua sifat buruk tersebut dan  kembangkanlah ide usaha yang telah Anda temukan.

Namun, meski demikian, ada yang perlu penting Anda perhatikan. Ingat Anda harus memikirkan apakah ide usaha Anda benar-benar prospektif untuk jangka panjang atau justru kurang menjanjikan. Tentunya kita ingin ide usaha yang telah kita temukan akan menjadi besar serta sukses kedepannya. Kuncinya, ketika Anda sudah menemukan 1 ide usaha atau sebuah produk, fokus lah ke 1 ide tersebut dan jangan pernah menyerah atau berhenti jika gagal, terus kembangkan usaha yang telah Anda jalani. Nah sekarang Saya akan menjelaskan contoh-contoh bahwa menemukan ide usaha itu sangat sederhana.

Perhatikan contoh-contoh berikut. Suatu ketika, Anda jalan-jalan kesuatu tempat dan menemukan serta membeli cemilan yang sangat unik dan enak yang belum banyak di jual orang lain. Lalu Anda berpikir membuat dan menjualnya, saat melihat mobil Anda yang sangat kusam dan mencoba membersihkannya, Anda mendapatkan ide untuk membuat produk pembersih mobil, atau saat melihat anak kos yang pakaiannya menumpuk belum di cuci maka Anda mendapat ide untuk membuka jasa laundry cuci pakaian. Jadi, pada intinya ide usaha itu begitu mudah muncul dalam kehidupan sehari-hari, jika kita cermat menangkap dan melihat peluang tersebut.

Setelah menemukan ide yang benar-benar pas sesuai fashion Anda. Kemudian, langkah selanjutnya kembangkan lah ide itu secara maksimal untuk menghasilkan keuntungan. Apakah Anda sudah mengerti apa yang Saya maksud? Jika masih merasa bingung di dalam menemukan ide usaha yang sesuai fashion Anda. Berikut akan saya jabarkan uraiannya secara lebih detail agar lebih mempermudah Anda. Sebenarnya ide-ide usaha dapat dengan mudah Anda temukan dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Mulai Melihat dan Memperhatikan Sekeliling

Mulai melihat dan Memperhatikan Usaha di sekeliling Anda
Perhatikan usaha-usaha yang ada di sekeliling Anda di manapun itu  

Cara ini merupakan cara yang paling simple dan mudah. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak uang berpergian jauh demi mendapatkan inspirasi. Cukup berjalan saja beberapa puluh meter dari rumah untuk melihat perkembangan dan trend usaha apa saja yang sedang berkembang. Pasti sangat mungkin Anda akan menemukan usaha
 cuci sepeda motor dan mobil, rental game palystation, laundy, warung makan, dan sebagainya. Setelah melihat dan menemukan usaha-usaha seperti itu, Anda tentu saja mendapatkan inspirasi. Anda juga bisa membuka usaha sejenis seperti yang sudah ada. Hanya saja, jika ingin sukses bersaing, Anda perlu melakukan modifikasi. Maksudnya hal ini bertujuan agar usaha Anda lebih terlihat unik dan menarik di bandingankan pesaing Anda dan tentu saja akan mendatangkan banyak pelanggan.

2. Melihat Usaha yang Sedang Trend di Internet

Melihat Usaha yang Sedang Trend dan Populer di Internet
Manfaatkan Internet untuk Mencari Ide dan Memasarkan Produk Anda

Kalo ini sih kalian tidak perlu cape berjalan hanya untuk melihat dan menemukan inspirasi ide usaha yang sedang berkembang saat ini. Cukup dengan mengandalkan koneksi internet dan melihat produk atau usaha apa saja yang sedang trend dan populer. Baik itu melalui webset, blog, toko online, media sosial seperti instagram, twitter, facebook ads, dan line@ serta masih banyak lagi media internet yang dapat Anda jadikan inspirasi dan memasarkan ide usaha yang telah Anda temukan tentunya. Lalu bagaimana jika kita terkendala dengan biaya dan belum bisa memproduksi produk sendiri? Itu gampang kok cukup berjualan dengan menggunakan sistem dropship/ menjadi reseller produk orang lain contohnya gini. Misalnya, Anda ingin menjual kaos distro, Anda cukup mencari supplier kaos distro yang di rasa cocok, lalu kita memasarkan produk mereka dengan menaikan harga atau keuntungan yang kita inginkan, untuk sistem pengiriman juga cukup mudah Anda tidak akan direpotkan dengan mengemas produk jika ingin mengirim barang. Cukup pesan dari supplier Anda dan kirimkan alamat konsumen. Lalu supplier lah yang nanti mengemas dan mengirim produk pesanan konsumen Anda. Cukup mudah kan? Ayo langsung take action mulai dari sekarang.

3. Membuka Usaha Berdasarkan Hobi

Hobi Bisa Jadi Bisnis Loh!
Manfaatkan Hobi untuk Jadi Peluang Bisnis Anda Sekarang Juga

Anda juga bisa menjadikan hobi sebagai peluang untuk merintis usaha. Sebagai contoh, misalkan Anda bisa memainkan berbagai alat musik dan itu sudah menjadi bagian hobi Anda. Hobi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, yaitu dengan membuka les privat bermain alat musik. Taget pasar untuk di jadikan sasaran, tentu saja para anak-anak, remaja atau pemuda yang ingin mahir bermain alat musik. Untuk itu, Anda dapat memasang pamflet di papan informasi sekolah, kampus ataupun melalui iklan gratis di internet. Tentu saja Anda juga bisa memanfaatkan hobi-hobi lain untuk dikembangkan menjadi usaha bisnis yang menjanjikan.

 4. Merintis Usaha Berdasarkan Keahlian

Keahlian Bisa Menghasilkan Uang
Merintis Usaha Berdasarkan Kemampuan yang Kita Miliki

Anda terampil dalam desain, dapat menguasai berbagai macam bahasa misal bahasa inggris, atau pandai dalam menulis sebuah cerita karangan. Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut  di bidang tertentu untuk mendapatkan keuntungan dan model usaha Anda. Cukup dengan memasangkan iklan secara online menawarkan jasa desain, les privat bahasa inggris, atau menjadi penulis lepas. Jadi, semua itu hanya bermodalkan laptop/komputer saja juga sudah bisa Anda langsung kerjakan. Usaha ini sangat praktis dan mudah dijalani, terlebih bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa atau yang belum mendapatkan pekerjaan.

5. Menciptakan Produk Baru

Ciptakan lah Produk Baru Hasil Kreativitas Kita Sendiri
Menciptakan Produk Kita Sendiri

Sebagai seseorang yang mempunyai kreativitas, berani mencoba menemukan hal-hal baru, dan mempunyai tekad yang kuat untuk membangun model usaha sendiri. Anda sepatutnya mengembangkan terus kreativitas dalam bidang yang di sukai. Salah satunya dengan menciptakan produk baru yang belum ditemui di pasaran. Produk itu dapat berkaitan dengan dunia fashion (busana), makanan, minuman, aplikasi, dan sebagainya. Pesan dari Saya jadilah inovator yang gemar berkreasi demi menciptakan produk baru yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.





Sekian dan terimakasih banyak atas waktu luang kalian membaca postingan artikel blog Saya kali ini. Semoga apa yang kalian baca, dapat menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan menambah wawasan kalian hari ini. Saya akhiri wasalam and see you later....!! \^o^/.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memulai dan Menemukan Ide Usaha"

Post a Comment