Waktu Paling Tepat Membuka Usaha untuk Mahasiswa


Jika memang di dalam lubuk hati Anda yang paling dalam, sudah benar-benar bertekad untuk melakukan aktivitas kuliah sambil membuka usaha. Maka yang perlu Anda siapkan pertama kali adalah mental dan semangat yang tinggi. Jika Anda sudah benar-benar mempersiapkan tahap yang pertama tadi.

"Lalu apa yang harus saya lakukan setelah saya sudah mempersiapkan mental dan semangat saya yang tinggi?"

"Kapan waktu yang tepat bagi Saya memulai membuka usaha sambil kuliah?"

Baiklah Saya akan menjawab pertanyaan yang pertama dulu, setelah Anda sudah mempersiakan mental dan semangat yang tinggi, hal yang perlu Anda siapkan sekarang adalah bergerak (action) mulai dari sekarang. Dan kapan waktu yang tepat bagi Saya memulai membuka usaha sambil kuliah, tentu saja jawabanya mulai dari sekarang juga dan dalam detik ini juga! Kalau memang saat ini Anda masih duduk di bangku kuliah semester awal, Anda pasti sangat di sibukkan dengan jadwal serta tugas yang sangat padat. Oleh karena itu, Anda dapat memulainya dengan membuat rencana usaha yang Anda susun dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin yang diperlukan. Baru setelah itu Anda dapat memulai membuka usaha sambil kuliah secara perlahan.

Jika usaha yang telah direncanakan benar-benar tidak memungkinkan dijalankan akibat kesibukan kuliah, maka Anda tidak perlu memaksakan diri, ingat pioritas utama Anda adalah kuliah. Anda hendaknya memanfaatkan waktu secara serius dalam menempuh kuliah sekaligus memulai memperluas jaringan. Berkaitan dengan yang namanya memperluas jaringan, cobalah bertanya dan berteman dengan kakak-kakak kelas yang sudah berpengalaman dalam bidang usaha sambil kuliah. Anda pasti akan mendapatkan banyak sekali informasi dan pengalaman dari mereka. Bukan hal yang tidak mungkin, hal itu sangat bermanfaat bagi Anda di dalam menempuh kuliah sambil membuka usaha.

Setelah Anda memasuki semester yang lebih tinggi, biasanya jadwal kuliah semakin berkurang menyesuaikan hak dan keinginan Anda. Hak dalam hal ini didasarkan pada indeks prestasi pada semester sebelumnya. Jika memang Anda sudah memasuki semester yang agak tinggi ini, sebaiknya Anda disarankan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mulai menjalankan usaha selain tetap serius dalam menempuh studi.

Pesan Saya untuk Anda, janganlah menjadi mahasiswa yang aktivitas kesehariannya hanya cenderung (monoton). Contohnya seperti hanya mengambil mata kuliah saja setelah itu pulang dan bermain bersama teman, jalan-jalan, nongkrong tidak jelas, ataupun berpacaran. Anda sebaiknya memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan semaksimal mungkin dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, salah satunya ialah membuka usaha, mengembangkannya, dan memperluas jaringan dimana saja. Aktivitas tersebut dapat memberi pelajaran serta pengalaman yang sangat penting dalam kehidupan Anda dan berperan penting dalam menyongsong kesuksesan Anda di masa mendatang.

Jalankan usaha yang sudah direncanakan sedemikian rupa pada semester awal atau yang Anda dapat informasinya dari kakak kelas selama ini. Anda juga dapat menjalankan usaha di sela-sela waktu kuliah atau pada sore hari (petang). Jika memang pada malam harinya Anda tidak mempunyai tugas kuliah yang mendesak, Anda dapat melanjutkan mengurus usaha bisnis Anda. Ingat nikmatilah setiap proses dalam menjalaninya, jangan di jadikan beban agar Anda tidak stres. Kalau Anda tidak menikmati prosesnya dan menjadikan hal itu sebagai beban, hal ini nantinya akan menghambat atau bahkan membuat Anda gagal dalam menjalankan usaha sambil melaksanakan kuliah. Dalam menjalankan usaha itu, sikap yang harus terus dipegang erat dan di tanamkan di dalam lubuk hati Anda yang paling dalam ialah mental dan semangat yang tinggi seperti yang sudah Saya jelaskan di awal. Dalam hal ini, mental dan semangat yang tinggi sangat dibutuhkan agar usaha Anda dapat terus berkembang dengan pesat dan menghasilkan keuntungan berlipat-lipat ganda.


Keyakinan dan rasa percaya diri juga perlu Anda tanamkan di dalam lubuk hati Anda yang paling dalam. Keyakinan dan rasa percaya diri yang dimaksud adalah percaya sepenuhnya bahwa Anda akan sukses dalam dunia akademik sekaligus usaha yang sedang Anda jalankan. Anda perlu memelihara sikap ini sekaligus menjaga dari sebagian teman kuliah yang ingin berusaha menghambat  atau meracuninya. Jangan terbiasa dengan sifat pesimis, apa lagi yang namanya mudah menyerah. Yakinlah kedua aktivitas yang Anda jalani (kuliah dan membuka usaha) pasti akan mencapai kesuksesan.

Sekian dan terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca postingan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kalian hari ini. Saya akhiri wasalam and see you later....!! \^o^/.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Waktu Paling Tepat Membuka Usaha untuk Mahasiswa"

  1. Kayaknya dah pengalama banget nih di bidang ini. . , bisa dijadikan guru nih agan. . . Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha saya juga masih banyak belajar gan, klo perlu kita juga boleh saling bertukar ilmu dan pengalaman kita masing-masing.

      Delete
  2. Makasih infonya bro.....pengalaman pribadi kayaknya ya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, ya inilah aktivitas yang sedang saya jalankan dan kerjakan sekarang gan.

      Delete
  3. pengalaman adalah guru terbaik gan .. nice info

    ReplyDelete