Cara Menggunakan Developer Dan VBA Pada Microsoft Excel

Yosh! whatsapp guys para pembaca cerdas sekalian, dipostingan sebelumnya bagi kalian yang sudah membaca artikel sebelum ini, tentu saja kita sudah mempelajari bagaimana "Cara Memunculkan Perintah Developer Microsoft Excel". Nah dalam postingan kali ini kita akan mempelajari "Cara Menggunakan Developer Dan VBA Pada Microsoft Excel"  yaaa bisa dibilang ini adalah artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya jadi langsung aja kita pelajari check this out......!!!

Ketika kita sudah memunculkan perintah Developer, langkah selanjutnya adalah mengisi data di tabel Microsoft Excel kita atau sesuai yang anda ingin buat. Tapi, disini saya ingin membuat data nilai dari hasil UTS dan UAS dari satu kelas seperti contoh pada gambar ini:




Langkah berikutnya, pilih “Developer”, klik “Insert” dan selanjutnya dibawah Insert akan mucul pilihan dengan banyak tab di Form Conrols dan di ActiveX Controls. Kita pilih tab di ActiveX Controls, di pojok paling kiri yang terdapat bacaan “Command Button (ActiveX Controls)” lalu klik.



Selanjutnya kita klik sembarang saja di tabel yang masih kosong, dan akan muncul sebuah tab tombol “CommandButton1” lalu akan kita ganti namanya dengan “Tambah”. Carannya klik kanan pada tab tombol CommandButton1, lalu arahkan kursor ke bacaan “CommandButton Object” akan mucul “Edit” dan klik ganti bacaanya menjadi “Tambah”. Contonya seperti ini :



Setelah melakukan langkah diatas, selanjutnya klik kanan pada tab tombol Tambah tadi, pilih View Code dan klik, maka akan tampil sebuah halaman baru yaitu “Visual Basic for Application” lihat gambar dibawah :




Disebuah kotak “Boo1-Sheet1 (Code)” yang mucul kita masukan data kode seperti ini, misal saya memakai kode lihat diatas seperti gambar yang ada di nomer 4 yang sudah saya masukan kodenya :

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim a As Variant
a = InputBox("masukan sisi persegi:")
Range("a2").Value = a * a
End Sub

Ketika kita sudah memasukan kodenya, lalu setelah itu arahkan kursor anak panah kita ke “RUN” berwarna hijau yang ada di lingkaran biru di gambar nomer.



Kita akan keluar dan kembali ke tabel awal seperti gambar di atas, dan akan mucul sebuah tabel perintah “masukan sisi persegi” masukan angka bebas di bawah kotak putihnya disini saya ambil contoh angka 23 dan klik OK. Hasilnya?



Lihat lingkaran biru dan anak panah pada gambar, hasilnya tertulis 529.


Langkah selanjutnya kita kembali lagi ke Visual Basic for Application, lalu klik kanan pada bacaan “VBAProject (Book1)” dan pilih Insert akan muncul di kanannya pilih tulisan “UserForm”.

Contoh gambar:


Lalu akan muncul sebuah kotak yang akan kita isi dan buat (Nama, Kelas, Npm, Jenis Kelamin,Uts, dan Uas) Nama data kita buat 6 buah dengan menggunakan “Label” dengan lambang “A”, lalu 5 buah tabel putih dengan menggunakan “TextBox berlambang “ab”, 2 buah jenis kelamin yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan menggunakan “OptionButton”, dan terakhir membuat 1 tombol dengan menggunakan “CommandButton” lalu diganti namanya menjadi “Hasil”. Kemudian setelah itu double klik pada tombol button “Hasil” tadi.




Akan muncul lagi tabel kode yang akan kita masukan, untuk semua data yang kita masukan nanti menjadi balance sehingga mendapatkan hasilnya contoh kodenya seperti gambar dibawah ini :


Ini adalah code yang saya gunakan :




Setelah itu langkah selanjutnya adalah kembali lagi ke halaman tabel excel, untuk mengaktifkan tombol “Tambah”, lalu arahkan kursor ke tab Developer dan pilih “Design Mode”. Langkah terakhir coba klik tombol “Tambah”, jika memang tombol tersebut berfungsi dan berhasil maka akan muncul form dialog isian yang kita buat sebelumnya, dan cobalah isi tiap-tiap bagian tersebut dengan data diri kita masing-masing. Dan selanjutnya untuk mengetahui hasilnya klik button “Hasil”, lalu hasilnya seperti gambar dibawah ini :









Finish:) Sekian dan terimakasih banyak atas waktu luang kalian membaca postingan artikel blog Saya kali ini. Semoga apa yang kalian baca, dapat menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta menambah wawasan kalian hari ini. Saya akhiri wasalam and see you later....!! \^o^/.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Cara Menggunakan Developer Dan VBA Pada Microsoft Excel"

Post a Comment