CMD Command Prompt

Hey guys! salam inspirasi pengetahuan super cool buat kalian semua di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang CMD atau juga bisa di sebut dengan Command Prompt. sebelum mengenal CMD lebih jauh dan fungsi serta kegunaannya yg akan saya jelaskan di bawah ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu CMD.

Apa itu CMD?
Banyak di antara kita dan para pembaca di sinih yang mungkin masih belum tahu  dan mengenal  apa itu CMD?, Bagaimana cara menjalankan/mengakses CMD? dan bahkan apa fungsinya?. Mungkin kita sebagai pengguna Windows hanya tahu cara bermain Games di windows, mengerjakan tugas atau hanya sekedar mengakses di media sosial, dll. tetapi tidak tahu peran penting dari CMD diWindows itu sendiri. Di sinih saya akan menjelaskan dan memberitahukan apa itu CMD, cara menjalankannya/mengakses dan fungsinya. Marih simak penjelasannya berikut ini :

CMD merupakan singkatan dari Command Prompt. CMD resmi disebut Windows Command Processor dan terkadang disebut Command Shell atau dengan istilah cmd.exe

CMD kadang salah diartikan sebagai DOS Prompt / sebagai MS-DOS.CMD adalah program windows yang banyak mengemulasi dari baris perintah di MS-DOS tetapi sebenarnya bukan MS-DOS

Apa fungsi atau kegunaan dari CMD itu ?
CMD digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Baik itu membuat folder, membuat folder di dalam folder yang telah kita buat, menyembunyikan & memuculkan folder, menghapus folder, mengganti nama folder, dll.  CMD juga paling sering dipakai untuk menjalankan file batch,melakukan beberapa fungsi administrasi dan memecahkan masalah pada windows.

Di Sistem Operasi apa saja CMD tersedia saat ini ?
CMD saat ini tersedia pada setiap sistem operasi berbasis Windows NT yang mencakup Windows XP,Windows Vista,Windows 7 , Windows 8 , Windows 2000, dan Windows Server 2012/2008/2003

Pada Windows 98 dan 95 , baris perintahnya disebut command.com
Dalam MS-DOS , command.com adalah tampilan default antarmuka pengguna.


DI bawah ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menjalankan/mengakses CMD berserta gambarnya agar mempermudah anda untuk memahaminya marih di simak:

Cara membuka Command Prompt “CMD” :



  •          Langkah pertama klik “Start” pada komputer anda dipojok kiri bawah.

   


  • Lalu search ketik “RUN” terlebih dahulu, setelah itu munculah gambar seperti dibawah ini lalu ketik “CMD” dan tekan “Ok” atau “Enter”.



Setelah kita melakukan langkah seperti yang diatas maka munculah gambar seperti dibawah ini:





Dan selamat! anda telah berhasil membuka Commad Pompt (CMD).


Membuat Folder:
·  Tentukan memory pada komputer anda yang akan kita buatkan folder baru, misalkan dimemory D:\, maka kita ketik D: pada cmd terlebih dahulu, lalu tekan enter.

·  Ketik MD spasi nama folder baru, misalkan MD FILM, kemudian tekan Enter.

· Setelah itu kita masuk terlebih dahulu ke folder FILM dengan mengetik CD FILM.

· Lalu kita buat folder didalamnya, misalkan kita mau membuat 3 folder sekaligus ketik saja MD “aksi” “drama” “romantis”

· Setelah selesai kita ketik Tree, untuk menyelesaikan atau mengecek folder yang telah kita buat apakah sudah benar atau tidak.
Jika kita sudah mengikuti langkah seperti yang diatas dengan benar maka jadilah contoh gambar seperti yang dibawah ini:



Membuat folder didalam folder yang telah kita buat:
· Caranya sama seperti cara yang diatas, cuma bedanya setelah kita selesai membuat folder contohnya pada aksi dengan nama folder The Raid. Setelah selesai kita ketik CD.. (titiknya dua) untuk kembali ke folder film atau sebelumnya. Lalu tekan Tree dan Enter selesai deh!



Menyembunyikan & Memunculkan Folder

  •  Menyembunyikan Folder:
Ketik attribut:
attrib<space>+s<space>+h<space>"lokasi file atau folder yang ingin kita sembunyikan", lihatlah contoh gambar dibawah atau jadilah seperti ini:



  •       Cara menampilkan kembali folder yang telah disembunyikan:

Ketik attribut:
attrib<space>-s<space>-h<space>"lokasi file atau folder yang ingin kita tampilkan", lihat contoh gambar dibawah dan jadilah seperti ini:




Menghapus folder:

Ketik CD terlebih dahulu masuk ke folder yang ingin kita hapus dan ketik RD (lalu ketik nama folder dan lokasi drivenya  yang akan dihapus) lalu enter.
Contoh:  D:\film\aksi>rd “the raid”
Maka file yang dituliskan namanya itu akan hilang. Berikut inilah contoh gambar tampilan saat memasuki cmd dan saat melakukan proses penghapusan Folder.




Mengganti nama folder:
Untuk mengubah nama folder  dengan menggunakan command prompt bisa dengan menggunakan perintah ”ren” atau ”rename”.
Caranya ketik => ren “nama folder lama” “nama folder baru”

Berikut ini contohnya:






Sekian dan terimaksih banyak telah membaca serta meluangkan waktu kalian mampir ke artikel sekaligus blog saya ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian hari ini. saya akhiri wasalam and see you all....!!!.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CMD Command Prompt"

Post a Comment