Di Artikel
dan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Mail
Merge (surat masal) di Microsoft word Anda, sebelumnya Saya akan terlebih dahulu
membahas “Apa sih manfaat dan kegunaan
dari Mail Merge itu?” berikut penjelasannya:
Mail merge
merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat di Microsoft Word. Dengan
fitur Mail Merge ini, kita bisa dengan mudah membuat surat yang isinya sama
tetapi ditujukan untuk banyak orang dan tempat yang berbeda-beda hanya dengan
sekali kerja saja.
Jadi, kita
tidak perlu membuat dokumen/surat sebanyak orang yang menerima surat tersebut.
Kita hanya perlu membuat satu naskah surat saja yang nantinya bisa kita sisipkan
data penerima yang jumlahnya banyak secara otomatis. Selain untuk surat, Mail
Merge juga sering digunakan untuk membuat Sertifikat dan dokumen lain yang
sifatnya masal.
Sudah paham
kan apa itu Mail Merge dan manfaatnya untuk kita sebagai pengguna Microsoft
word. Nah sekarang marih kita lanjutkan membahas bagaimana caranya membuat Mail
Merge di Word simak dan praktekan contoh di bawah ini ya:
Cara Membuat Mail Merge di Word :
·
Pertama sebelum kita memulai mebuat Mail
Merge, langkah awalnya adalah membuka terlebih dahulu Microsoft word anda, setelah itu klik Mailings.
·
Kedua buatlah terlebih dahulu sebuah undangan tertulis atau apapun yang anda
inginkan. Contoh :
·
Langkah selanjutnya klik “Start Mail
Merge” dan pilih yang paling bawah yaitu “Step by step mail merge wizard...”
·
Maka akan muncul gambar di pojok kanan komputer anda, setelah itu klik “Next: Starting document” sampai “3”.
·
Lalu pilih “Type a new list” dan
klik “Create...”.
·
Maka akan muncul gambar seperti yang di bawah ini, setelah itu klik “Customize Columns...”.
·
Hapus semua folder yang tertera di sanah untuk nanti kita gantikan dengan nama
folder yang baru.
·
Nah setelah foldernya telah kita hapus semua, kemudian kita klik “Add” untuk menambah atau membuat nama folder yang kita inginkan.
·
Contoh saya tuliskan “Nama” dan “Kota” klik
Ok.
·
Setelah itu tuliskan Nama seseorang
dan salah satu nama Kota di bawahnya
jika sudah selasai klik “New Entry”
untuk menambahkan, misalkan kita buat sebanyak “10”. Lihat contoh gambar di bawah ini :
·
Ketika kita sudah selesai menuliskan salah satu Nama dan Kota yang kita
inginkan,langkah selanjutnya klik Ok,
maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:
·
Pertama tulis nama foldernya misalkan “Teman
Undangan” agar memudahkan kita mencarinya, Kedua pilih tempat
penyimpanannya misalkan saya ambil contoh menyimpan di “Desktop” setelah itu klik “Save”.
·
Munculah gambar seperti ini untuk memastikan bawah semua folder yang telah kita
buat berhasil liatlah tanda ceklisnya jika berhasil ada tanda Ceklis di sanah. Jika semua sudah benar
lalu klik Ok.
· Apakah sudah
selesai?, atau masih ada langkah selanjutnya?. Jawabannya tentu saja ada, ada beberapa langkah lagi setelah kita
mengikuti langakah-langkah di atas dengan benar. Kliklah “Insert Merge Field”.
·
Akan Muncul 2 pilihan ketika kita
mengklik Insert Merge Field yaitu Nama dan Kota yang telah kita buat sebelumnya apabila sebelumnya kita
membuat lebih dari 2 maka yang akan munculpun akan lebih dari 2, pilihlah salah satunya untuk
menempatkannya pada kolom surat undangan yg telah tersedia, Contoh :
·
Klik “Next: Write your letter”
sampai “6”.
·
Setelahnya klik “Finish & Merge”
dan pilih yang atas yaitu “Edit
Individual Documents...”.
·
Maka akan muncul gambar seperti yang tertera di bawah ini klik Ok.
·
Lihat sekaligus di check surat undangan yang telah kita buat apakah sudah pas
berjumlah 10 dan jangan lupa di check juga Nama dan Kotanya.
Sekian dan terimakasih banyak, telah membaca artikel kali ini sampai selesai. Oh iya jangan lupa ya peraktekan tutorialnya setelah Kalian membacanya agar ilmunya benar-benar sampai pada Kalian dan menjadi ilmu yang bermanfaat Amin. jika masih ada yg perlu di tanyakan dan ingin memberikan saran kepada penulis silakan tinggalkan jejak Kalian di kolom komentar. Saya akhiri wasalamm..., and see you later....!!!! \^o^/.
Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Mail Merge di Word (surat/dokumen masal)"
Post a Comment