Cara Menggunakan Microsoft Excel Makro

Hallo para pembaca cerdas sekalian , yosh! sekarang kembali lagi berjumpa dengan postingan saya kali ini. sesuai judul di atas. kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan microsoft excel makro pada kalian semua. sebelum mempelajari prakteknya alangkah baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu.

Apa sih Microsoft Excel Makro itu?

Apa kegunaanya?

Dan bagaimana cara mengoperasikannya?

Baiklah gak perlu berlama-lama lagi langsung aja kita bahas check this out!

Microsoft Excel Makro adalah Macro adalah sebuah sistem input otomatis yang merekam jejak Keyboard dan mouse. Macro biasanya digunakan untuk menggantikan rangkaian berulang tindakan mouse dan keyboard yang umum digunakan pada aplikasi-aplikasi. Ekstensi file dari Macro umumnya .mac. Konsep macro populer juga di kalangan Gamer MMORPG (Massively Multiplayer Online game Role-Playing) dan spesialis Search Engine Optimization (SEO).

Contoh kegunaan macro adalah apabila kita melakukan pekerjaan yang banyak dan dilakukan secara manual. Dari pada kita membuang-buang waktu dengan mengerjakan pekerjaan yang banyak secara manual, kita bisa merekamnya dengan fungsi macro kemudian melakukan sedikit modifikasi. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan berjam-jam dapat selesai hanya dengan sekali klik saja. Sangat efisien bukan?

Cara Menggunakan Microsoft Excel Makro

1. Pertama-tama buka terlebih dahulu Microsoft Excel Anda, setelah itu masukan dan buat datanya.

Contoh saya buat datanya seperti di bawah ini:


2. Kosongakan data TOTAL PENDAPATAN, karena data terakhir ini akan kita gunakan untuk menghitung jumlah atau hasil keseluruhan data yang kita buat dengan menggunakan rumus nanti.

A.) Mewarnai Table Data dengan Record Macro
Setelah datanya sudah kita buat, sekarang kita akan mewarnai data table agar terlihat lebih menarik dan mudah untuk di ingat. Sebenarnya bisa saja dengan cara manual. Tapi, yang kita bahas kali ini adalah dengan menggunakan Record Macro.

1. Umumnya kita klik Developer dulu lalu cari perintah Record Macro... dan masukan Ctrl+( masukan 1 huruf bebas). Tapi,  karena yang saya gunakan adalah Microsoft Excel 2010, caranya agak sedikit berbeda karena penempatan perintahnya tidak sama. Pertama klik View lalu cari Macros di ujung paling kanan dan kilk, pilih Record Macro...



Setelah cara di atas dilakukan maka akan mucul perintah seperti di bawah ini :


2. Selanjutnya langkah pertama, masukan dulu Ctrl+( masukan 1 huruf bebas) huruf ini hanya bisa di masukan sekali saja. Kalau mau mengulanginnya lagi masukan huruf yang berbeda contoh saya masukan Ctrl+A. Shortcut key ini tidak bisa di gunakan lagi jika kita mau memasukan Shortcut key untuk perintah yang berbeda. Gunakanlah misalkan Ctrl+B jangan Ctrl+A lagi. Lalu klik OK.

Contoh gambar :


3. Setelah itu, kita ke Home lalu Block yang ingin kita warnai, pilih warna terus kita kembali ke View klik Macros, dan nanti yang akan mucul bukan lah Record Macros... tapi Stop Record lalu klik.

4. Kembali lagi ke Home, lalu ubah warnanya kembali seperti semula atau warnai kembali dengan warna putih. Setelah itu Block lagi di tempat yang tadi dan tekan Ctrl+A (Shortcut key yang kita masukan sebelumnya).
Maka jadilah seperti gambar di bawah ini:


B.) Cara Menghitung Hasil TOTAL PENDAPATAN dengan Rumus dan Makro

1. Langkah pertama tidak jauh dengan langkah yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Pertama-tama kita ke Developer atau View pilih Macros dan klik Record Macro...

2. Setelah itu kita masukan Shortcut key yang berbeda karena saya sebelumnya sudah menggunakan Ctrl+A. Maka sekarang saya akan memasukan Ctrl+B. Lalu klik Ok


3. Selanjutnya, setelah kita sudah selesai memasukan Shortcut key, langkah berikutnya masukan Rumus  =B2+(C2*B2) di TOTAL PENDAPATAN lalu Enter.


Nanti jadinya akan seperti ini :


4. Berikutnya, kita kembali lagi ke Developer atau View pilih Macros dan klik Stop Record.

5. Lalu kita ke TOTAL PENDAPATAN yang masih kosong di kotak Nino sampai Rena. Tekan Ctrl+B (Shoft key yang kita masukan sebelumnya) maka jadilah seperti contoh gambar dibawah ini : 


6. Kita juga bisa mewarnai kembali kolom yang belum di warnai sebelumnya. Setelah langkah di atas telah berhasil kita ikuti dengan baik dan benar, maka jadilah seperti ini :



Finish :) Sekian dan terimakasih banyak atas waktu luang kalian membaca postingan artikel blog Saya kali ini. Semoga apa yang kalian baca, dapat menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta menambah wawasan kalian hari ini. Saya akhiri wasalam and see you later....!! \^o^/.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menggunakan Microsoft Excel Makro"

Post a Comment