Cara Berbicara Di Depan Umum

Hei guyss.... sesuai judul di atas saya akan berbagi ilmu bagaimana caranya berbicara di depan umum/publik. Karena pada dasarnya ilmu berbicara di depan umum itu sangat penting sekali bagi kehidupan manusia terutama untuk seseorang yang menginginkan karir yang cemerlang, ingin menjadi pemimpin, guru atau dosen untuk mengajar dan masih banyak sekali pekerjaan yg menuntut seseorang untuk berbicara didepan banyak orang. Semakin kita dewasa mau tidak mau kita pasti akan dituntut atau mendapatkan kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak entah itu karena pekerjaan atau apalah yang pasti kita harus sudah siap untuk itu. Dan disinih saya sebagai penulis ingin sekedar sering berbagi ilmu yang saya baca dan pelajari selama ini kepada para pembaca sekalian. Ok mari kita kembali ke topik awal disinih saya akan terlebih dahulu memaparkan definisi berbicara di depan umum terlebih dahulu:


A. Definisi Berbicara Di Depan Umum
    
       Berbicara di depan umum atau juga bisa di sebut sebagai (publik speaking) adalah peroses berbicara kepada sekelompok orang dengan cara yang terstruktur dan di sengaja yang di maksud untuk menginformasikan, mempengaruhi, atau menghibur pendengar. Dan juga publik speaking juga mempunyai kaitan erat dengan retorika atau ilmu berbicara.
     
        Publik speaking atau retorika adalah suatu komunikasi di mana pembicara (komunikator) berhadapan langsung dengan massa atau audiens. Walaupun terbilang sama-sama menyampaikan infomasi kepada massa publik speaking atau retorika dibedakan dengan komunikasi massa. Alasannya  komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang menggunakan media massa , sedangkan publik speaking atau retorika adalah jenis  komunikasi langsung dengan massa.
    
        Kemampuan berbicara di depan umum memang sulit terlebih lagi kita harus mengendalikan tekanan,pikiran  karena takut salah berbicara, dan juga rasa gugup kita di depan orang banyak oleh karena itu saya ambil 1 sebagai contoh: Woodrow Wilson, salah seorang presiden Amerika Serikat yang terkemuka , mengajarkan kita perjuangan kerasnya  untuk memperbaiki kemampuan berbicara di depan umum dan berpidatonya. Menurutnya, kemampuan berkomunikasi tidak turun dari langit. Diperlukan latihan secara terus-menerus untuk mengasah kemampuan berpidato dan berbicara di depan umum. Dia berkata: “If i am to speak ten minutes, i need a week for preparation; If fifteen minutes, three days; if half an hour, two days; if an hour, i am ready now” (jika saya akan menyampaikan pidato selama 10 menit, saya melakukan persiapan selama seminggu; pidato 15 menit saya siapkan 3 hari; pidato selama setengah jam, persiapannya 2 hari; dan jika diperlukan untuk  1 jam , saya sudah siap sekarang). Kesimpulannya keberhasilan atau kunci dari publik speaking adalah” Latihan”.
     
       Sampai disitu penjelasan tentang definisi berbicara di depan umum yang sudah saya jelaskan tadi saya rasa para pembaca sudah mendapatkan gambaran atau sudah memahaminya. Ok saya akan melanjutkan hal-hal apa saja yang perlu di perhatikan saat berbicara di depan umum.


B. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbicara di depan umum
     
Sebelum menjadi orator ulung atau seorang  pembicara di depan umum yang baik ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Disinih saya akan membaginya menjadi 6 simak dibawah ini:


1. Teknik berbicara
     
Teknik  berbicara ini sangat penting untuk mendukung kesuksesan public speaking. Pronuntiatio (penyampaian). Pembicara harus memperhatikan olah suara (vocis) dan gerakan-gerakan,anggota badan (gestus moderatio cum venustate).  Maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • a.       Melatih suara.
  • b.      Intonasi: Sebaiknya suara tidak datar, tetapi mengandung irama atau berirama.
  • c.       Artikulasi: Setiap kata yang di ucapkan haruslah jelas benar, sehingga mudah di mengerti atau di pahami pendengar.
  • d.      Phrasing: Dalam berbicara sebaiknya memberi jeda agar dapat dimengerti.
  • e.      Stressing: Memberikan energi atau semangat dalam suara, agar tidak menimbulkan kesan loyo.
  • f.        Infleksi: lagu kalimat, perubahan nada suara, hidari pengucapan yang sama bagian setiap kata (redundancy). Inflesi naik menunjukan adanya lanjutan  kalimat atau menurun untuk menunjukkan akhir kalimat.

Teknik memproduksi suara dengan memperhatikan:

  • a.       Speed: standar kecepatan suara herus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.
  • b.      Volume: dalam memadu sebuah acara misalnya menjadi  MC Wedding, suara yang di hasilkan harus bulat.
  • c.       Tone: tinggi rendah suara, agar audience tidak merasa bosan selama acara berlangsung.
  • d.      Timbre: suara yang ekspresif akan sangat mudah untuk mempengaruhi para pendengar.
  • e.      Power: kekuatan suara yang dihasilkan harus tepat sesuai dengan pemakaian kata.
  • f.        Nafas: berbicara dengan nafas perut, karena suara yang di hasilkan lebih dalam, power lebih kuat dan lebih terasa nikmat untuk didengar.


2. Bahasa tubuh yang wajar
    
Salah satu sarana pendukung public speaking adalah gerakan tubuh dan ekspresi saat berbicara. Gerakan tubuh dan ekpresi ini akan sangat mendukung kesuksesan kita dalam berbicara.

  • a.       Wajah: dalam pelatihan bahasa non-verbal ini sangatlah penting untuk menyesuaikan suara dengan gerak tubuh.
  • b.      Mata: sorotan mata seseorang memiliki  kekuatan yang dapat mempengaruhi peribadi orang lain.
  • c.       Kepala: ketika kita mendengarkan dengan seksama, maka secara otomatis bahasa tubuh yang tepat akan mengikuti. Misalnya kita akan menganggukan kepala saat mendengarkan dengan seksama topik yang sedang dibicarakan.
  • d.      Mulut: mulut memiliki peran yang sangat penting  dalam berkomunikasi.


3. Rasa ketertarikan pada orang lain
    
Kita tidak akan dapat berbicara dengan sukses di hadapan umum jika kita tidak menunjukkan rasa simpati atau ketertarikan kepada pendengar atau audien kita. Saat berbicara di depan umum kita harus menunjukan rasa ketertarikan kita kepada mereka.


4. Mau Mendengarkan
  
Benjamin Franklin mengunkapkan: “mengingat bahwa dalam pembicaraan pengetahuan lebih banyak diperoleh melalui telinga dari pada mulut. Saya memberikan tempat kedua kepada sikap diam diantra keutamaan yang hendak saya kembangka”. Mendengarkan dengan seksama, akan dapat membantu anda memberi respon lebih baik.  Karena mendengarkan adalah cerminan peribadi seseorang, kebanyakan pemimpin yang baik di dalam semua bidang kehidupan menghabiskan jauh lebih banyak waktu meminta nasihat dan pendapat kepada bawahannya dari pada banyak bicara.


5. Perluas Pengetahuan
  
Topik harus sesuai dengan latar belakang pengetahuan anda. Topik yang paling baik adalah topik yang memberikan kemungkinan bagi kita lebih tahu dari pada khalayak, pembicara harus lebih ahli dibandingan dengan kebanyakan pendengar. Seperti yang diungkapkan oleh Aristoteles bahwa seorang pembicara harus sanggup menunjukan kepada pendengar bahwa dirinya memiliki pengetahuan yang luas, kepribadian yang terpercaya, dan status yang terhormat. Ini menjadi salah satu cara untuk mempengaruhi orang yang diajak berbicara. Yang selanjutnya adalah meyakinkan khalayak dengan mengajukan bukti atau yang kelihatan sebagai bukti. Di sinih pembicara harus mendekati pendengar lewat otaknya.


6. Menyelipkan Humor atau Cerita Lucu
    
Sangatlah penting menyelipkan humor  dalam suatu pembicaraan, namun sifatnya sebagai pelengkap saja ya. Secara manusiawi orang butuh tertawa untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan saat kita berbicara. Namun sayang tidaklah semua orang mempunyai bakat humor. Dan ada juga yang tidak suka humor, alasanya adalah hal ini akan mengundang kesan yang kurang serius terutama pada acara formal. Maka sebagai pembicara yang baik kita harus pandai-pandai membaca situasi. Humor yang tepat pada situasi dan kesempatan yang tepat akan sangat mendukung apa yang sedang kita bicarakan.

Terimaksih banyak untuk para pembaca yg sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai selesai. Dan sampai disinih saja pembahasan kita tentang bagaimana Cara Berbicara didepan umum/publik. Semoga  hari ini dan untuk kedepannya dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda para pembaca yang super cool... Dan semoga juga artikel yang saya tulis ini dapat menjadi insfirasi banyak orang di luar sanah. Jika ada yang perlu ditanyakan dan memberi saran pada penulis dan artikel ini penulis akan merasa sangat senang sekali jika kalian para pembaca meninggalkan jejak kalian dibawah kolom komentar dan juga untuk mengembangkan blog ini agar lebih baik lagi nantinya Amin...  Berkomentarlah dengan baik dan membangun tanpa adanya unsur sara. Di artikel saya selanjutnya saya akan menulis bagaimana cara menjadi MC yang baik, penasaran dan ingin tau? Tunggu artikel saya selanjutnya ya. See you... salam super coolllll....

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Berbicara Di Depan Umum"

Post a Comment